Header Ads

Breaking

Jumat

Cara Cek Kondisi Vagina

vagina sehat dan bersih
Kondisi kesehatan dan kebersihan vagina harus selalu dijaga. Berbeda dengan payudara yang letaknya ada di atas dan mudah dijangkau. Organ intim perempuan yang satu ini letaknya memang tersembunyi dan tidak mudah dilihat. Namun untuk menjaga kesehatan vagina (Miss V) wanita ada baiknya rutin memeriksa bagian ini secara teratur.

"Dengan kebiasaan ini perempuan bisa lebih memerhatikan tubuh sendiri. Sehingga Anda para perempuaan bisa mencegah adanya masalah kesehatan yang lebih besar di masa depan," terang ahli kandungan sekaligus penulis V is for Vagina, Alyssa Dweck, M.D. 

Dweck menjelaskan bahwa dengan rutin memerhatikan Miss V dengan cermin bisa melihat kondisi yang ada di dalamnya. Mulai dari hadirnya tahi lalat, lesi yang menyakitkan, luka berdarah, serta perubahan-perubahan fisik pada vagina. "Secara umum, jika saat mengecek kondisinya memperlihatkan hal yang tidak normal, Anda bisa langsung mengeceknya ke dokter kandungan," terang Dweck seperti dilansir Woman's Health, Kamis (1/1/2015).

Dweck tidak memungkiri bahwa butuh waktu tidak sebentar untuk mengetahui bentuk fisik vagina Anda. Untuk mengecek vagina, lakukan di kamar mandi kemudian ambil cermin dan arahkan ke vagina dengan salah satu kaki sudah naik ke atas dudukan toilet. Dengan cara ini, Dweck mengatakan perempuan bisa dengan jelas melihat labia mayora (bibir luar vagina), labia minora (bibir tipis di dalam vagina), klitoris, perineum, uretra, lubang vagina.

Dengan rutin memeriksa kondisi vagina beberapa minggu sekali, para perempuan bisa mengetahui kapan kondisi saat normal dan kapan menunjukkan sesuatu yang tidak biasa.

sumber : health.liputan6.com

Ads